Doa Ketika Singgah Pada Suatu Tempat

Anda ingin cepat hamil?? Silahkan ikuti petunjuk dokter spesialis kandungan dr. Rosdiana Ramli, SpOG. Info Selengkapnya »»

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا فَقَالَ: أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ، لَمْ يَضُرُّهُ شَيْءٌ حَتّى يَرْحَلَ مِنْ مَنَزِلِهِ ذَلِكَ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.


‘Barangsiapa yang singgah di suatu tempat, lalu berdoa, ‘ ‘Aûdzu bikalimâtil lâhit tâmmâti min syarri mâ khalaq ‘aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna terhadap kejahatan segala makhluk-Nya’,’ tiada sesuatupun yang akan membahayakan dirinya sampai dia meninggalkan tempat tersebut.’.” [HR. Muslim]

Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam memberikan bimbingan kepada umatnya untuk melakukan isti’adzah yang bermanfaat, yang dengannya dapat tertolak semua bahaya yang dikhawatirkan oleh manusia ketika singgah di suatu tempat, yaitu dengan beristi’adzah dengan kalamullah yang syâfi ‘manjur’, kâfi ‘mencukupi’, dan kâmil ‘sempurna’ dari semua kejelekan dan kekurangan, agar mendapatkan keamanan selama berada di tempat tersebut dari gangguan yang jelek.Dalam hadits ini terdapat petunjuk tentang isti’adzah yang bermanfaat lagi disyariatkan sebagai ganti dari isti’adzah yang syirik yang biasa dipergunakan oleh orang-orang musyrikin.

Faedah Hadits
 


1.Penjelasan bahwa isti’adzah adalah ibadah.
2. Bahwa isti’adzah yang disyariatkan adalah isti’adzah kepada Allah atau dengan nama-nama dan sifat-sifat-Nya.
3.Bahwa ucapan Allah bukanlah makhluk, karena Allah memerintahkan agar beristi’adzah (meminta perlindungan) dengan ucapan-Nya, sedang isti’adzah dengan makhluk adalah syirik, maka hal ini menunjukkan bahwa ucapan Allah bukan makhluk.
4.Keutamaan doa ini meskipun kalimatnya ringkas.
5. Bahwa ubun-ubun manusia berada di tangan Allah.
[Diringkas dari Kitab Penjelasan Ringkas Kitab Tauhid karya Syaikh Shalih Al-Fauzan]

Sumber :  
Ustadz Dzulqarnain
MENATA AKHLAQ Menuju Ridha dan Cinta-NYA

Anda ingin cepat hamil?? ikuti petunjuk dr. ROSDIANA RAMLI, SpOG! SEORANG DOKTER AHLI untuk masalah ini.

dr. Rosdiana Ramli, adalah seorang dokter spesialis kandungan yang telah menolong banyak suami istri mendapatkan momongan sejak tahun 2011. Untuk bisa segera hamil, Anda harus dibantu oleh SEORANG YANG AHLI untuk masalah ini. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit bagi Anda untuk bisa berhasil dalam program hamil, karena masalah susah hamil ini adalah masalah yang kompleks dan rumit. Info Selengkapnya »»

SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: